Sunday, November 24, 2013

Cara Mudah Menggunakan Rumus Perbandingan di MS Excel

Tutorial belajar menggunakan rumus perbandingan di ms excel. Untuk membuat rumus perbandingan di ms excel kita menggunakan rumus IF. Nah kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mudah untuk menggunakan fungsi rumus IF di Ms Excel. Misalnya kita akan melakukan 2 perbandingan, coba simak pernyataan dibawah ini dan akan kita gunakan sebagai perbandingan.
"Jika Nilai rata-rata murid lebih besar dari 70 dinyatakan lulus dan jika dibawah nilai 70 akan dinyatakan tidak lulus."

Dari pernyataan diatas, kita akan mendapat DUA perbandingan yaitu perbandingan jika nilai diatas 70 dan nilai dibawah 70. Nah cara mudah menggunakan rumus IF adalah jika terdapat 2 perbandingan maka kita hanya menggunakan satu fungsi IF, jika 3 perbandingan kita menggunakan dua fungsi IF dan jika 4 perbandingan kita menggunakan 3 fungsi IF, begitu seterusnya. Sebenarnya jika terdapat dua perbandingan kita dapat menggunakan rumus IF dua kali namun sangat tidak efektif dan penulisan rumus yang terlalu panjang.

Baca Juga : Penyebab Rumus Pada Excel Tidak Otomatis Melakukan Perhitungan

Untuk lebih jelasnya kita akan membuat contoh 2, 3 dan 4 perbandingan.

1.  Dua perbandingan

Pernyataan : Jika nilai rata-rata murid lebih besar dari 70 maka dinyatakan lulus dan dibawah 70 maka dinyatakan tidak lulus

penggunaan rumus perbandingan di ms excel

Rumus yang digunakan pada kolom KET adalah =IF(B2>=70,”LULUS”,”TIDAK LULUS”). Cara membaca rumusnya adalah (IF) Jika nilai pada kolom B2(>) lebih besar atau (=) sama dengan 70 maka dinyatakan lulus(“LULUS”) namun jika nilainya dibawah 70 maka dinyatakan tidak lulus(“TIDAK LULUS”). Lihat penggunaan fungsi IF diatas, karena kita hanya melakukan 2 perbandingan saja maka fungsi IF yang digunakan hanya satu.

Info : Untuk membandingkan dua buah pernyataan yang harus terpenuhi dapat menggunakan Fungsi Rumus Perbandingan And

2. Tiga Perbandingan
Pernyataan : jika murid kelas A jurusan IPA, murid kelas B jurusan IPS dan murid kelas C jurusan Bahasa
fungsi rumus IF di ms excel

Rumus yang digunakan pada kolom KET adalah =IF(B2=”A”,”IPA”,IF(B2=”B”,”IPS”,”BAHASA”)). Cara membaca rumus adalah (IF)Jika kolom B2 adalah A, maka KET adalah IPA, dan (IF) jika kolom B2 adalah B maka KET adalah IPS dan jika kolom B2 bukan A dan B maka KET Bahasa. Karena terdapat tiga perbandingan maka kita menggunakan fungsi rumus IF dua kali.

Baca Juga : Penggunaan Rumus OR dalam Perbandingan di Ms Excel

3. Empat Perbandingan
Pernyataan : jika murid kelas A jurusan Mesin, murid kelas B jurusan Elektro, murid kelas C jurusan Gambar dan murid kelas D jurusan Bangunan

belajar menggunakan rumus perbandingan di ms excel

Rumus yang digunakan pada kolom KET adalah =IF(B2="A","MESIN",IF(B2="B","ELEKTRO",IF(B2="C","GAMBAR","BANGUNAN"))). Cara membaca rumus adalah (IF)Jika kolom B2 adalah A, maka KET adalah MESIN, (IF) jika kolom B2 adalah B maka KET adalah ELEKTRO, (IF) jika kolom B2 adalah C maka KET adalah GAMBAR dan jika kolom B2 bukan A,B dan C maka KET Bangunan. Karena terdapat empat perbandingan maka kita menggunakan fungsi rumus IF tiga kali.

Contoh diatas kita telah membuat tiga contoh perbandingan dan menyelesaikannya dengan menggunakan fungsi IF. Sebenarnya bagaimana cara menggunakan rumus fungsi IF tersebut. Coba sekali lagi perhatikan rumus dibawah ini 

cara mudah membaca rumus perbandingan di ms excel

Ketika kita akan menulis fungsi rumus IF maka akan muncul keterangan pembantu seperti gambar diatas. Logical_test merupakan kata atau kolom yang akan dilakukan perbandingan, value_if_true merupakan pernyataan jika perbandingan pada logical_test benar dan value_if_false adalah pernyataan jika perbandingan pada logical_test bernilai salah.

Nah mungkin sampai disini kita sudah sedikit paham tentang bagaimana cara menggunakan fungsi rumus perbandingan pada ms excel.

Semoga bermanfaat.

Friday, November 22, 2013

Cara Memasang Breadcrumb di Blog

cara memasang breadcrum pada blog SEO
Tutorial memasang breadcrumb di blog.  Salah satu cara meningkatkan seo pada blog adalah dengan menambahkan fitur breadcrumb pada blog, inilah yang saya temui ketika mencari salah satu cara untuk meningkatkan SEO. Yah akhirnya saya juga memasang fungsi ini pada blog saya. Menurut beberapa sumber fitur ini membantu artikel agar mudah terindex oleh mesin pencari. Namun ada juga yang mengatakan bahwa fungsi ini tidak cocok untuk SEO. Nah ini terserah dari sobat, mau memasang fungsi ini atau tidak.

Setelah saya memasang fungsi ini, ketika melakukan search pada om google, ternyata fungsi ini terlihat juga pada search engine, seperti contoh gambar diatas beberapa artikel saya yang tampil di search engine google terdapat breadcrumb.

Breadcrumb merupakan link –link label yang menuju pada artikel yang dibuat. Berikut contoh tampilan breadcrumb pada blog

Home>>office>>excel>>belajar ms excel


Untuk memasang breadcrumb masuk ke dasbor blog anda, kemudian pilih menu template dan klik edit template. Pertama-tama masukkan style dari breadcrumb cari kata ]]></b:skin> kemudian copy style dibawah ini dan tempatkan diatasnya



Setelah itu cari code berikut <b:includable id='main' var='top'> dan gantikan dengan code dibawah ini 



Save template dan lihatlah hasilnya pada google, jika belum muncul cobalah menunggu untuk beberapa hari. Menurut ane fungsi ini tidak langsung tampil di google pada saat kita memasangnya, butuh waktu agar breadcrumb muncul di search engine.

selamat mencoba :)

Wednesday, November 20, 2013

Cara Membuat Animasi Timer menggunakan Adobe Flash

animasi timer pergantian angka adobe flash cs6
Tutorial cara membuat animasi timer atau animasi pergantian angka dengan menggunakan adobe flash cs6. Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat animasi timer. Animasi ini berbentuk perubahan angka, dapat berupa pertambahan angka atau pengurangan angka. Contoh animasi ini seperti yang biasa kita lihat pada saat mulai pemutaran sebuah film di bioskop, pada saat memulai sebuah pertandingan balap dan lain sebagainya.


Langkah-langkah membuat animasi timer


Buka adobe flash dan buat lembar kerja baru dengan menggunakan action script 3. Ubah dahulu nama layer menjadi Angka. Pada layer Angka buatlah angka 5 dengan menggunakan Text Tool (T) atau dengan menekan tombol T pada keyboard. Kemudian klik kanan pada frame 5 dan pilih insert keyframe, lakukan hal yang sama pada frame 10, 15 dan 20 hingga Nampak seperti gambar dibawah ini :

cara membuat animasi timer

klik pada frame 5 dan ubah angka 5 yang ada pada lembar kerja menjadi angka 4

Klik pada frame 10 dan ubah angka 4 menjadi angka 3 pada lembar kerja

Klik pada frame 15 dan ubah angka 3 menjadi angka 2 dan terakhir klik pada frame 20 kemudian ubah angka 2 menjadi angka 1 pada lembar kerja

Untuk menjalankan animasi tekan CTRL + ENTER pada keyboard

Selanjutnya kita akan membuat sebuah objek lingkaran yang berkurang ketika animasi timer tersebut di jalankan. Perhatikan gambar dibawah, pertama-tama buatlah sebuah layer baru dengan mengklik new layer (no 1 pada gambar), ubah nama layer menjadi Lingkaran dan tempatkan dibawah layer Angka dengan cara klik tahan dan geser kebawah (no 2 pada gambar).

animasi timer adobe flash cs6

Pada layer lingkaran klik frame 1 dan buatlah sebuah objek lingkaran dengan menggunakan Oval Primitive Tool (T) atau tekan tombol T dan tempatkan sejajar dengan angka 5. Kemudian klik menu modify – transform – rotate 90 ccw (CTRL + SHIFT + 7) agar node lingkaran yang sebelumnya berada disamping kanan, pindah kebagian atasi lingkaran.

Selanjutnya Lakukan hal yang sama pada layer Lingkaran yaitu menambahkan keyframe pada frame 5, 10, 15 dan 20 dengan mengikuti panduan yang sama pada layer Angka yang telah dibahas diatas, hingga tampilannya seperti no 2 pada gambar dibawah.
Contoh gambar dibawah :

animasi timer pergantian angka adobe flash cs6

Langkah selanjutnya masih pada layer lingkaran, klik frame 5 dan klik objek lingkaran sehingga muncul menu oval option pada property yang berada disebelah kanan lembar kerja, ubah nilai dari start angel menjadi 90 sehingga seperti gambar dibawah ini

animasi timer pergantian angka adobe flash

Dengan mengikuti panduan diatas pada frame pada frame 10 nilai start angel ubah menjadi 180, frame 15 nilai start angel 270 dan pada frame 20 ubah nilai start angel menjadi 359. Untuk menjalankan animasi tekan CTRL + ENTER. Untuk mengubah kecepatan animasi ubah fps lebih rendah dari nilai standart 24
Selamat mencoba

Tuesday, November 19, 2013

Cara mudah print label undangan di ms word menggunakan database ms excel

Print label undangan dengan menggunakan ms word dan database ms excel. Kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat label undangan dengan penggabungan ms excel dan ms word. Fitur yang akan saya akan gunakan disini adalah dengan menggunakan fungsi mailings pada word dengan database menggunakan ms excel. Dengan menggunakan fitur ini akan sangat mempermudah dalam memprint label undangan yang datanya ratusan bahkan sampai ribuan.
Cara membuat label undangan dengan menggunakan fungsi mailings dengan format VIDEO TUTORIAL LIHAT DISNI atau dapat mengikuti panduannya dibawah ini :

Baca Juga : Teknik Mengatur Margin Untuk Print di Ms Word Klik Disini

Buatlah database nama-nama para undangan di ms excel, dengan judul kolom nama, alamat dan status, dan simpan dengan nama file dblabel, seperti contoh dibawah :

database label undangan di ms excel

Buka ms word dan buatlah table dengan 2 kolom dan 5 baris sesuai dengan ukuran label yang akan digunakan, agar table sesuai dengan label, lakukanlah test print pada label lihat contoh dibawah. Atau dapat mengikuti Panduan Membuat Label Undangan di Ms Word

label undangan di ms word

Setelah membuat table label di ms word kemudian klik menu mailings – Step by step mail merge wizard.. maka akan muncul menu mail merge disebelah kanan lembar kerja ms word.  Perhatikan pilihan paling bawah, terdapat 6 step pembuatan mailings.

Pada Step 1 pilih next:starting document
Pada step 2, biarkan pilihan default use the current document dan klik Select recipients
Pada step 3, biarkan pilihan default use an existing list dan klik browse, cari file dblabel excel yang telah dibuat tadi, jika muncul jendela konfirmasi select table dan mai merge recipients klik saja ok. Dan klik next : write your letter
Selanjutnya klik next dari estep 4 hingga step ke 6 dan close/tutup jendela mail merge yang berada disebelah kanan lembar kerja

Tahap selanjutnya kita akan memasukkan nama , status dan alamat yang ada pada file excel dblabel ke dalam tabel yang telah kita buat di ms word. Blok satu persatu kata nama yang ada pada tabel kemudian klik menu mailings – insert merge field (no 1 pada gambar dibawah)  – dan pilih nama, begitupun dengan kata status dan kata tempat namun pada pilihan insert merge field pilih status untuk kata status dan alamat untuk kata tempat. Jika benar maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini

tutorial cara print label undangan di ms word

Perhatikan gambar diatas, sebelum kata <<nama>>terdapat text <<next record>>  yang ada pada tiap kolom kecuali pada kolom pertama. Teks tersebut berfungsi agar data yang ditampilkan di kolom-kolom berikutnya adalah data yang ada pada baris selanjutnya yang berada dalam file excel dblabel. Untuk melihat hasilnya klik preview result (no 3 pada gambar diatas). Cara menambahkan test next record adalah dengan mengklik Rules (no 2 pada gambar diatas) dan pilih next record, lalu tempatkan tepat di depan kata <<nama>>.

Langkah terakhir adalah melakukan print label. Untuk memprint semua data nama-nama undangan yang ada pada file excel dblabel kita menggunakan menu finish & merge (no 4 pada gambar diatas) dan pilih print document.

cara print label undangan di ms word

Pada tampilan jendela merge to printer, all untuk memprint semua nama-nama yang ada dblabel, current record hanya memprint data yang tampil dilembar kerja ms word sedangkan pilihan from adalah pilihan print jumlah nama-nama undangan.

Bagi sobat yang menginginkan FILE LABEL UNDANGAN seperti diatas yang sudah jadi, dapat mendownloadnya DISINI

Sampai disini kita sudah dapat dengan mudah membuat label undangan dan cara memprintnya hanya dengan menggunakan satu halaman pada ms word dan menggunakan database yang ada pada ms excel.
Semoga cara ini dapat membantu sobat dalam membuat label undangan

selanjutnya akan saya buat tutorial CARA MEMBUAT UKURAN LABEL UNDANGAN DI MS WORD

Monday, November 18, 2013

Important Information Concerning How A Digital Printer Functions

By Aaron Feldman


Reproduction of materials requires use of machines. This machine is known as a digital printer. It has the ability of reproducing various types of documents including photographs. They come in several designs which can be used in various ways and forms. The press requires them to carry on with their activities well. Thus, they are very useful and important in several ways.

Users have a wide range of press devices available for production of press documents. Most of them are made in a technology that enables them to produce electronic files and dots. Dry toners, laser devices and inkjet machines are mostly common in different press companies. They are automatically synced with computers that smoothly produce finished images.

The first step is conversion of the images or photos which is done via pressing. This way, the computer has an ability to read the instructions and follow them accordingly. The images and photographs are pressed into a readable form which the computer can easily be able to convert the ideas to a more useful form. Pressing is made possible by the use of software and programs which have been installed inside the machine. One uses other devices for instance scanners to feed this information into the computers. You may also use other external memory storing devices like flash disks and memory cards.

The laser devices used work using technology that produces pulses of light beams. Images are then created on light sensitive surfaces by the use of x rays. Dot matrix can also be used. This is by making dots which are formed in the form of images. The principle of attraction of charges can also apply in this case.

Inkjet devices use small droplets of ink in press documentation. Press papers use this technology to produce documents. Droplets are automatically controlled in three different types; continuous drips, thermal drops and electronic flow that is produced on demand. Ink is forced out of cartridges onto press papers being used.

Droplets being emitted are usually in very small microns. For quality work, inkjet press devices are recommended for press work. They produce documents in photographic nature and quality. It is for this reason that most households and press companies do use them. However, inkjet devices are usually expensive when being procured unlike laser or dot matrix devices.

There are several benefits of having press devices. Those who work in busy places require them since they aid in time saving. They are very fast and very economical as well. This is because they require use of fewer resources. A lot of materials can be used for carrying out this work including clothes in the textile industry. Experts in the press industry also require them.

Things like dust must be kept away from the devices. Other environmental factors that may affect it must also be kept away. This will go a long way in making sure that the digital printer is safe. Thus, it is very important.




About the Author:



Benefits Of PC Service Atlanta

By Sonya Riley


Owning a computer does make work faster. Almost every home across the globe owns a computer or several for the family to use. It is interesting to note that even small children know how to operate these gadgets.Owning a PC can be and is also very exciting. PC service Atlanta are numerous should be identified on the basis of credibility and professionalism.

Handling bulky work does require installation of antivirus and spy ware software. Keeping off bugs that are a nuisance and a danger to the PC is inevitable to avoid damage to it. Keeping your documents and files safe is also important to avoid spies who want to know your business secrets or want to steal your clients. Both individuals and organizations are becoming aware of this very key software and are ensuring that they are fixed in their machines.

Slow working of the PC does not mean that you have to quickly get rid of your old one and buy new one, but rather take it for service. The problem could easily be fixed by taking it for repairs where it will be thoroughly checked. The affecting issues can due to dirt which can be quickly removed. Too many files that are not being used can be removed from the hard disk so that they can open faster.

Updates of various systems are done to help one use many applications depending on the type of work one has. Every time there is a new antivirus or spy ware in the market, users rush to try them out hoping that it will work well than what they have currently.

General diagnostics by a professional provider is a great idea if you do value the investment made on making your work much easier. Once you have identified a reliable and competent professional, you can have your machine checked regularly. This way you are assured that you can work without major interruptions to your work due to breakdowns or some other malfunction. It is amazing to discover what is actually found in your computer during the checkups.

Users will most probably not have a problem buying a new PC or laptop, but finding a company that will provide great service can be a bit challenging. This is where referrals are used to get information on past jobs done.

Credible companies can be found in the yellow pages or in the media. It is important though to do your homework well so that you do not get disappointed by a shoddy job. A great service can easily be noticed from referrals from people you know well.

professional PC service Atlanta has very many providers that are readily available. They can be picked from referrals from friends and family. Do you have a PC that you have not taken for repairs. It would be a good idea to start now.




About the Author:



Responsibilities Of A Computer Repair Technician

By Sonya Riley


The computer repair in Milwaukee WI typically work in support positions having the main responsibility of taking good care of computer problems. They do the maintenance as well as the treatment whenever a problem arose. They are working anywhere from the backroom of a large corporation to the front help lines for almost all the computer manufacturers software companies.

Being a technician with these devices, not everyone is required to go to college and get a degree. As long as you know the nuts and bolts, and the advanced things so that it can be treated, then all is good. However, some companies require their workers to get a degree first before they apply.

Having a network certifications is also a plus points. All for the reason that a person will be proven effective as a worker. And as an employee who can handle the pressure and could treat the problems that were diagnosed in a certain electronic device. All because he was cultivated to do so.

You are an all round in this kind of job. Meaning, you do not just sit and then avoid the viruses from perpetrating your computers. You are the overall in charge of running the device that requires quite a skill and knowledge to know the bits and information about the work, you have to read below .

Just like other things, the in charge is needed to assemble the parts. To connect and to ensure they are going to function really well. So in this matter, it is the responsibility that they play to ensure that all parts are connected to the computers. They are in charge that they also perform these analysis too.

It is the role that they play to ensure they have checked all the performance related issues that rise and were seen. They immediately respond to the issues that they have encountered. They also give the technical advice in regard to the issues that was seen or rather diagnosed. Over all, they solve the issues through the use of the telephone or in personal where they talk face to face with the client.

One of the primary responsibilities that you have is to make sure you are installing the new software or hardware in your company. All kinds of tools that are needed for such company. They are needed so that the said organization or company you are working with is going to perform the necessary device to a bunch of their clients or customers.

They are on call for a wider range of issues that employees have in regard to their computers. Although this could be analyzed through the network, there is still the need to interact with the employees. It is advised that a person will check the systems in a regular basis throughout the company.

Indeed, the computer repair in Milwaukee WI is no ordinary. You will face the everyday problems that are encountered by numerous people. Even superman can not do that and can not treat these issues. However, whenever a person decided to enter this world, he has to have an overflowing patience. All for the reason that some problems may take a while before they were recovered or treated fully.




About the Author: